Beranda | Artikel
Sifat Mata Allah
Rabu, 5 Januari 2022

Bersama Pemateri :
Ustadz Muhammad Nur Ihsan

Sifat Mata Allah ini adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan, M.A. dalam pembahasan Aqidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah Tentang Nama-Nama Allah dan Sifat-SifatNya. Kajian ini disampaikan pada Jum’at, 27 Jumadil Awal 1443 H / 31 Desember 2021 M.

Kajian Hadits Tentang Sifat Mata Allah

Menit ke-12:03 Pada kesempatan kali ini kita akan melanjutkan pembahasan tentang sifat-sifat Allah Subhanahu wa Ta’ala. Telah dijelaskan sebelumnya tentang sifat wajah secara detail dan juga kebatilan syubhat orang-orang yang mentakwil sifat wajah.

Pada kesempatan kali ini kita akan menjelaskan sifat yang berkaitan dengan diri Allah Subhanahu wa Ta’ala yang ini termasuk sifat khabariyah atau yang hanya bisa dipahami dan ditetapkan berdasarkan dalil (khabar) dari Allah dan RasulNya, yaitu sifat mata.

Allah Subhanahu wa Ta’ala memiliki mata. Dan mata Allah Subhanahu wa Ta’ala dua. Mata yang sesuai dengan kebesaran, keagungan, kemuliaan, kesempurnaan yang dimiliki oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Tentunya bertentangan dengan mata yang dimiliki oleh makhlukNya, tidak sama dan tidak serupa. Karena Allah Subhanahu wa Ta’ala menjelaskan dalam Al-Qur’an:

لَيْسَ كَمِثْلِهِ شَيْءٌ ۖ وَهُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ

“Tiada satupun yang menyerupai Allah dan Allah Maha Mendengar dan Maha Melihat.” (QS. Asy-Syura`[42]: 11)

Menit ke-20:08 Yang perlu dipahami di dalam perkara yang sangat urgent ini (yaitu masalah aqidah) bahwa sekedar kesamaan di dalam nama/kalimat/istilah, maka bukan berarti sama dalam hakikatnya. Sebagaimana telah dijelaskan bahwa Allah memiliki tangan dan manusia memiliki tangan, sama-sama tangan, tapi tatkala tangan dinisbatkan kepada Allah berarti telah dikhususkan dan menunjukkan kepada sesuatu yang spesial (khusus bagi Allah). Bila tangan tersebut juga dinisbatkan kepada manusia, berarti tangannya sesuai dengan kondisi/keadaan dan sifat manusia.

Lihat juga: Hakikat Sifat Tergantung Kepada Siapa Sifat Itu Dinisbatkan

Bagaimana penjelasan hadits ini? Mari download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/51271-sifat-mata-allah/